Integrity
Integrity merupakan aspek yang menjamin
bahwa data tidak boleh berubah tanpaijin pihak yang berwenang (authorized).
Bisa juga disebut menjaga keutuhansesuatu yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Secara teknis ada beberapa carauntuk menjamin aspek integrity ini, seperi
misalnya dengan menggunakanmessage authentication code, hash function, digital
signature.
Confidentiality
Confidentiality merupakan aspek yang
menjamin kerahasiaan data atauinformasi. Kerahasiaan ini dapat
diimplementasikan dengan berbagai cara, sepertimisalnya menggunakan teknologi
kriptografi dengan melakukan proses enkripsi(penyandian) pada transmisi data,
pengolahan data (aplikasi dan database), danpenyimpanan data (storage). Akses
terhadap informasi juga harus dilakukandengan melalui mekanisme otorisasi
(authorization) yang ketat. Sebagai contoh dari confidentiality adalah daftar
pelanggan dari sebuah Internet Service Provider (ISP). Jadi, data dari daftar
pelanggan tersebut seperti nama,alamat, nomor telephone dan data lainnya harus
dilindungi agar tidak tersebarpada pihak yang tidak seharusnya mendapatkan
informasi tersebut.
Avaliability
Availability merupakan aspek yang menjamin
bahwa data tersedia ketika dibutuhkan. Jadi, pada prinsipnya ketersediaan data
dan informasi yangmenyangkut kebutuhan suatu kegiatan merupakan suatu keharusan
untuk menjalankan kegiatan tersebut. Jika avaliabillity data atau informasi
yangdibutuhkan untuk menjalankan suatu proses kegiatan tidak dapat dipenuhi,
makaproses kegiatan tersebut tidak akan terjadi atau terlaksana.
Privacy
Pada dasarnya, privacy ini sama dengan
confidentiality. Namun, jika confidentiality biasanya berhubungan dengan
data-data perusahaan atau organisasi, sedangkan privacy lebih ke arah data-data
yang bersifat pribadi.
Contoh
hal yang berhubungan dengan privacy adalah e-mail seorang pemakai tidak boleh
dibaca oleh administrator. Hal ini untuk menjamin privacy dariisi e-mail
tersebut, sehingga tidak bisa disalah gunakan oleh pihak lain.
Term & condition penggunaan TI
Term & condition penggunaan TI adalah
aturan-aturan dan kondisi yang harusditaati pada penggunaan teknologi
informasi. Hal tersebut mencakup integrity,privacy dan availability dari
informasi yang terdapat dan dibutuhkan didalamnya.
Kode Etik Penggunaan Fasilitas
Internet di Kantor
Kode etik penggunaan fasilitas internet di
kantor hampir sama dengan kode etik pengguna internet pada umumnya, hanya saja
lebih dititik beratkan pada hal-hal atauaktivitas yang berkaitan dengan masalah
perkantoran di suatu organisasi atau instansi. Contohnya :
·
Menghindari
penggunaaan fasilitas internet diluar keperluan kantor atau untuk kepentingan
sendiri.
·
Tidak
menggunakan internet untuk mempublikasi atau bertukar informasi internalkantor
kepada pihak luar secara ilegal.
·
Tidak melakukan
kegiatan pirating, hacking atau cracking terhadap fasilitas internet kantor.
·
Mematuhi
peraturan yang ditetapkan oleh kantor dalam penggunaan fasilitas internet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar